Tuesday, 3 July 2012

Pembelajaran dari Mukaddimah Kitab Tafsir Alquran Al-Usyr Al-Akhir

Bismillahirahmanirrahim
Sebuah pembelajaran yang bisa diambil dari Mukaddimah Kitab Tafsir Alquran Al-Usyr Al-Akhir.

Segala puji bagi Allah SWT atas segala kebesaran dan kekuasaan-Nya atas kerajaan langit dan bumi
Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan pada junjungan , nabi dan kekasih Allah yakni Rasulullah SAW.

(Image by google.com)

Wahai saudaraku muslim dan muslimah. Semoga Allah SWT senantiasa merahmati kita semua. Dalam kehidupan yang kita jalankan di dunia fana ini kita diwajibkan untuk mempelajari empat (4) hal yang esensial sebagai muslimin dan muslimah, yakni sebagai berikut :

1. Pertama yakni ILMU : Yaitu ilmu mengenal Allah , mengenal Nabi dan Rasul-Nya, mengenal Agama Islam secara menyeluruh dan mendetail, karena tidak boleh kita beribadah kepada Allah tanpa dasar ilmu. Siapa sahaja melakukan hal demikian, makan ia akan terjerumus dalam kesesatan dan telah menyerupai orang-orang Nasrani dalam perbuatannya tersebut.

2. Kedua yakni AMAL : Siapa saja berlimu namun tidak mengamalkannya , maka ia telah menyerupai orang-orang Yahudi. Sebab mereka itu berilmu namun tak mau mengamalkanya dalam hal kebaikan. Di antara tipu daya setan, ia memperdaya manusia agar tidak senang terhadap ilmu, dengan angapan bahwa dia akan dimaafkan dihadapan Allah SWT karena kebodhohannya. Ia tidak tahu, bahwa terdapat ummat muslim yang memiliki kesempatan untuk belajar namun ia tidak melakukannya, maka telah tegak hujjah terhadap dirinya. Inilah dalil yang dikemukakan kpd kaum Nuh pd masa itu (Q.S Nuh 7 Allah SWT berfirman bahwa
"Mereka memasukkan jari jemari mereka ke dalam telinganya dan menutupkan bajunya ke mukanya) agar hujjah tidak tegak terhadap mereka.

3. Ketiga yakni DAKWAH KEPADANYA : Para Ulama dan dai adalah pewaris para Nabi. Allah SWt telah melaknat Bani ISrail karena "Mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan munkar yang mereka perbuat. Sesungguhnya amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu (Q.S Al Maidah 79).Sedangkan dakwah dan ta'lim (pengajaran) memiliki hukum fardhu kifayah, jika ada sejumlah orang yang mengerjakannya , maka yang lain tak berdosa, namun jika semua orang mengabaikannya maka berdosalah mereka.

4. Keeempat yakni SABAR ATAS PENDERITAAN baik dalam menuntut ilmu , mengamlkan dan mendakwahkannya.

(Dilansir dari Mukaddimah Kitab Tafsir Al-USyr AL-Akhir)
ISBN : 978-603-90009-1-4

Firmansyah Shidiq Wardhana


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment